Trip to Ciater Part 1

Passion...apa itu passion? Dulu gue mengartikan passion dalam banyak hal, dalam masakan itu ibarat garam, dalam lagu passion seperti melodi, atau sesimple cemilan yang menemani saat perjalanan jauh yang membosankan. Kita memang bisa melakukan sesuatu tanpa passion sekalipun, tapi rasanya akan hambar, plain…lempeng aja, ngomong-ngomong soal passion, gue sempet melewati masa masa hidup yang bingung saat ditanya, apa passion gue? dan dalam pencarian gue tentang apa passion gue, gue mulai dengan membuat list, pertimbangan usia, budget, tingkat ke-fun-nan dll, sampai gue lupa kalo passion itu dari hati, saatnya gue tanya hati gue…..dan gue tau jawabannya, gue suka kebun teh, gue suka berlama-lama menikmati jalan yang menurut gue keren…yupz gue tau gue butuh sepeda buat menjelajahi tempat tempat asyik dengan santai, so…berangkatlah gue ditemani temen gue sebut saja dia SAIDIH ke toko sepeda dengan nama DBS ada di kawasan Sentra Eropa Kota Wisata Cibubur, tapi sayang hari itu sepeda yang gue pengen gak ready stock, jadinya indent deh. Minggu depannya hari Rabu 5 Desember 2012, akhirnya gue dapet juga sepeda yang gue pengenin, tanpa bermaksud ikut promo gue nyebut merk, sepeda gue Polygon Premiere 3 edisi 2013 dan gue kasih nama neng preti (pre=premiere, ti=tiga).Setelah dirakit, gue test keliling ruko-ruko disitu, hmmm…cukuplah buat pemula.Dan di siang hari yang cukup terik, akhirnya gue pulang dengan menggowes neng preti dari Kota Wisata ke Metland Cileungsi, lumayan ngos ngosan juga, secara edisi perdana gitu lho.
neng preti sedang dirakit

setelah test ride

sampai metland cileungsi

Hari-hari berikutnya tak ada waktu senggang yang terlewat, selain dengan menggowes neng preti, mulai trek ecek-ecek dulu, Metland Cileungsi – Harvest City setiap pagi atau sore, agak jauhan jajal ke Citra Indah, sampai gue kenal tetangga kosan gue (Gery namanya), koleksi trek pun bertambah, nyicip trek Sodong bareng Asmin, Gery, Pak Suyanto (3 orang lagi gak tau namanya) dengan sedikit adegan epic, manjat pagar perumahan dan nyebrang jembatan bambu sambil panggul sepeda, trek warung oncom bareng Asmin juga (bosen sih tapi gak ada lagi),trek jalur pipa gas (lagi-lagi sama Asmin), terus nyoba nyoba trek jalan raya yang lebih jauh lagi, gue bawa neng preti ke Tambun ke rumah teteh gue, sekitar 20 km dari Cileungsi, pencapaian yang lumayan buat pemula dan itu diulang sampai 2x di hari yang berbeda tentunya.

trek unyu unyu buat newbie

ini jauuh

bersama bang asmin waktu masih agak muda

ini diatas jembatan tol...eh ada bang yaya juga

warung oncom

otw Tambun

jalur pipa gas tempo dulu

Sodong

Sedikit bosan juga dengan trek Cileungsi, gue butuh suasana baru, pengen gowes di pegunungan dengan udara dingin, ada kabutnya, dan gue inget alasan gue kenapa beli sepeda, karena gue suka kebun teh, dan gue amat sangat kepengen sepedaan di kebun teh, dan demi mimpi gue itu, neng preti harus gue evakuasi ke Cinusa Purwakarta atau ke Bandung, sempat terpikir untuk digowes tapi gak dapet ijin dari si neng yang satu lagi (selain neng preti hehe), alternatifnya naikin motor atau pake bis, tapi motor gue dah renta,sepertinya gak mungkin sanggup, sampai satu sore di Bandung, si neng yang satu lagi a.k.a pacar gue bilang nitip dulu motor (namanya Nino…Nino nama motor ya bukan pacar gue), karena dia mau berangkat umroh sama keluarganya, pucuk dicinta ulam pun tiba (aiih…jadulnya), akal sehat gue langsung mengiyakan, dan dibelakangnya ada akal bulus gue pengen bawa neng preti pake nino, simbiosis mutualisme lah. Dan jam 11 malem 6 Maret 2013 berangkatlah gue dengan nino dan preti diatasnya diiket sedemikian rupa, beberapa kali berhenti untuk cek kondisi, mana jalanan waktu itu banyak yang rusak parah, akhirnya gue sampai juga ke Cinusa Purwakarta jam 2 pagi dengan selamat, cuma ada sedikit goresan-goresan kecil di body nino..haha sorry to say neng.

gaya Nino bawa Preti

Besoknya gue mulai menggowes preti ke Wanayasa via Pasir Angin – Depok - Bojong - Cikeris dan masuk jalan raya Wanayasa-Bojong dengan trek yang naik turun berkelok kelok, bener-bener menguras tenaga dan butuh penyesuaian tinggi, efek kebanyakan gowes ke Harvest City nih. Sempat papasan dan kenalan dengan goweser lokal, dan ternyata sepedanya keren-keren cuy, jadi minder gue, ini diantaranya:

goweser lokal...hmm scroll keatas, jerseynya kayak pernah liat dimana gitu...

trek wanayasa

Dan kepuasan tersendiri adalah saat gue share photo pertama neng preti disini

situ wanayasa...fyi buat yang hobi gowes Burata, view belakang adalah gunung Burangrang

sarapan favorit bubur ayam yang ada kelapanya...maknyusss
Mungkin gue yang terlalu ngebet pengen gowes ke kebun teh, seminggu setelah evakuasi neng preti ke Cinusa, gue nekad berangkat ke Ciater via Wanayasa di Selasa pagi yang ceria itu (gue dulu kerjanya masih shifting jd liburnya ga selalu weekend). Sekitar jam 7 pagi gue berangkat dari rumah, cuma bekel air minum, sarung, kunci sepeda, karena gue pikir gue lewat jalan raya yang ramai, kalo laper tinggal cari warung, air abis tinggal refill serba menggampangkanlah pokoknya. Trek ke Wanayasa sudah sedikit terbiasa dengan full gowes tanpa gotun, dari pertigaan Wanayasa gue ambil kanan ke arah Sagalaherang, sempet mampir sarapan lontong kari dulu deket SMPN 1 Wanayasa, sekitar jam 10an lanjutin misi, masih sangat bersemangat dan berjaya apalagi langsung dapat bonus turunan Garokgek…wuzz wuzz wuzzz. Dan pelajaran pertama gowes ke Ciater adalah setelah turunan itu pasti ada tanjakan, untuk tanjakan pertama lancar jaya, jalan mulai bersahabat kembali, tipe tanjakan di rute ini nanjaknya dikit tapi panjang bikin pegel paha. Dan akhirnya gotun pas nanjak sebelum belokan ke curug Cijalu…hmmm…lanjut dapet bonus turunan lagi..lalu nanjak lagi gotun lagi begitu terus sampai di Sagalaherang. Di sebrang Masjid Al Ikhlas yang belakang gue tau kalo Masjid ini tertua di Subang, gue mampir di alf*mart refill energi dengan makan roti dan minum miz*ne biar kembali 100 %, beli beberapa cemilan dan air putih juga, karena memang masih jauh, dari situ sebenarnya ada jalan pintas menuju Ciater tapi tanjakannya uedan banget, jadi memutuskan untuk lewat Jalan Cagak saja…treknya masih sama kelok-kelok naik turun setelah tanjakan pasti ada turunan, dan akhirnya sampai juga di Jalan Cagak jam 11.46, gak lupa mengabadikan moment ini dengan jepretan kamera BB kepler gue, hasilnya lumayan lah.
preti at jalan cagak Subang
Ada dua spot kebun teh favorit gue di Ciater, yang pertama belokan setelah tunggu manggis, yang kedua warung Dayang Sumbi lebih ke atas lagi…karena udah hampir tengah hari, gue pikir destinasi gowes gue siang itu cukup sampai ke spot pertama saja yang lebih dekat. Tengah hari dikasih tanjakan ditambah long trip pertama kali meskipun itu di jalan raya yang pinggirnya kebun teh seperti yang gue impikan selama ini, tetep saja melelahkan.Hasilnya banyakan gotun daripada gowesnya.
hijau bray....
Pelajaran kedua gowes kali ini jangan terlalu terfokus ke tujuan, nikmatilah setiap kayuhan dan suasana sekitarnya…karena yang gue rasakan sekarang adalah sangat-sangat bosan dan pengen cepat sampai tujuan, yang ada lelah mendera sekujur tubuh. Melewati Ciater High Land jalanan masih belum bersahabat,, sekitar jam setengah 2 saat nemu Masjid mungil pinggir kebun teh, gue mampir untuk jamak Sholat Dzuhur dan Ashar, sekalian rehat mengumpulkan energi untuk sampai ke spot favorit gue itu yang masih menyisakan tanjakan. Setelah itu gue coba nikmati sisa perjalanan gue, gue fokuskan pikiran,nikmati setiap kayuhan, lewat Ciater Spa…terlihat kubah biru Masjid As Sa’adah yang setiap Sholat disitu karpetnya selalu wangi, jalanan sedikit menanjak tapi masih tahan menggowes, lewat pintu masuk Ciater Resort jalan semakin nanjak dan terpaksa gotun lagi sampai ke tugu manggis, horree sudah dekat nih, semangat genjot pedal dengan sisa-sisa tenaga…lirik jam setengah 3….finally sampai disini…Alhamdulillah.
spot favorit
Di spot fav gue ini gue pesen mie rebus telor yang ada irisan cengeknya, dan kopi capucinno dengan choco granule yang diaduk rata sama si ibu yang jual…aaarrrgh kebiasaan. Cuma setengah jam gue disitu karena tiba2 mendung dan berkabut, gue pun bergegas untuk pulang dengan senyuman bangga karena berhasil melewati setengah misi gue, dan senyum sumringah gue sih lebih karena trek pulang lebih banyak turunannya.
Gue, kebun teh dan kabut...men ini surga...

neduh

diujung jalan ini ada turunan panjang dan tajam
 Sebelum turunan panjang yang curam itu, tetiba hujan turun dengan derasnya, anehnya gue malah seneng, gue neduh dulu di warkop kosong padahal sudah setengah 4, dan hujan pun malah tambah deras, akhirnya gue putuskan melaju dalam hujan, setelah melapisi kepala dengan kresek putih ditutup helm…Bismillah dan wuzz wuzz wuzz…turunan terpanjang bikin semangat menggelora dalam derasnya hujan, 15 menit sudah sampai ke Sagalaherang samping mesjid Al Ikhlas itu, belok kiri ke arah Wanayasa disambut turunan lagi….hahay bahagianya. Moment-moment tak terlupakan sampai kapanpun, saat hujan deras-derasnya saat nemu tanjakan ditambah kaki kram..jadilah gotun hujan-hujanan yang lumayan panjang sampai perkebunan kelapa sawit Serangpanjang, atau saat melewati Garokgek lagi…kalo tadi pagi semangat karena bonus turunan panjang, begitu pulang bonus itu berubah jadi tanjakan yang paling panjang di trek ini….hufffh. Sampai Wanayasa sekitar jam 5 sore, masih dalam gerimis, karena gak pengen kemaleman, maksain gowes terus tanpa rehat padahal kondisi sudah teramat lelah, dan akhirnya di tanjakan Ciherang tiba-tiba seperti ada kunang –kunang, lunglay…dan gue menepi, ya Alloh hamba lapar, gue tuntun preti seperti pesakitan cari warung pesen teh manis panas dan roti. Pelajaran ketiga adalah gak usah maksa, kalo capek ya berhenti dulu. Setelah recharge energy masih sekitar 8km lagi ke rumah dan menyisakan 3 tanjakan yang lumayan. Adzan maghrib gue baru melintasi Bojong, Alhamdulillahnya dari sini hanya ada satu tanjakan lagi, sisanya datar dan turunan. Semangat terus untuk menuntaskan misi, sampai pertigaan Sempur Nunggal gue belok kiri dan mulai turunan panjang tapi gelapnya minta ampun, jadinya gowes sambil bunyiin bel sepeda takut ketubruk. Dan tanjakan terakhir adalah setelah melewati jembatan Cibingbin dan gue denger ada yang manggil gue, entah siapa… entah orang atau bukan,sabodo teuing aing cape bray. Jam 7 malem akhirnya gue sampai rumah, gue mandi air anget…terus makan dengan porsi kuli panggul, dan gue tidur pules banget sampai pagi.

Trip hari ini sekitar 40km PP jadi 80km, berangkat di tempuh dalam waktu 7,5 jam , pulangnya hanya 3 jam dalam kondisi hujan deras, gerimis, kaki kram sampai kepala ada kunang-kunangnya. Epic but little bit spooky dan gue belum puas dengan misi gue hari ini…edisi pembalasan ada di Trip to Ciater part 2….coming soon.