GOWES SANTAI SAMBIL BOTRAM CILEUNGSI - BANDUNG VIA JONGGOL


Kegiatan rutin setiap sore selama 2 minggu terakhir adalah hunting artikel dari mbah google dengan keyword gowes ke Bandung, entahlah begitu ingin mendapat banyak pencerahan dari para pakar gowes yang sudah terbiasa dengan touring sepeda jarak jauh, sharing tentang rute, perlengkapan apa saja yang harus disiapkan dll… sampai pada satu sore menemukan artikel dari sebuah blog (lupa nama bloggernya),bro yang satu itu nekad gowes berdua ke Bandung dan teman gowesnya itu hanya bermodalkan sepeda single gearsingle gear bro, kebayang di tanjakan seperti apa???pada akhirnya dengan sejuta pertimbangan memantapkan hati untuk melaju gowes sendiri dari Cileungsi ke Bandung, rencana itu harus terlaksana weekend pertama bulan November ini ,form cuti pun segera diajukan buat jaga2 kalo kecapean di hari seninnya. Persiapan dimulai dengan b2w setiap Selasa - Kamis selama dua minggu, dan tentunya ijin sama istri tercinta supaya lancar dijalannya. Sehari sebelum gowes belum banyak persiapan yang dilakukan, sepeda seadanya, perlengkapan seadanya tanpa bawa cadangan ban dalam, tanpa pompa, padahal menurut pakar gowes itu perlengkapan wajib dibawa, tapi sebodo amatlah modal nekad aja, toh sampai Bandung kan gak harus mikirin tinggal dimana, siapa yang mijitin kalo pegel. Dan malam sebelum hari H, lebih sibuk ngurusin amunisi perut daripada si neng preti…alarm sudah distel dan waktunya rehat untuk persiapan besok.
Metland Cileungsi Blok BB2 No 38 Tanggal 7 November 2015 jam 03.00 AM
Bangun jam 3 pagi ini terasa semangat banget, ritual pagi dipaksa dilakukan lebih awal, Alhamdulillah urusan ke belakang tak pernah bermasalah, beres dari kamar mandi, cek ricek perbekalan dan perlengkapan, semua lengkap, tinggal menunggu adzan shubuh, jam 04.08 adzan pun berkumandang, segera tunaikan kewajiban yang satu ini sekhusyuk mungkin diakhiri dengan doa memohon kelancaran, keselamatan dan kekuatan kaki sampai tujuan…AmiinYRA, Waktunya tiba, di gerbang rumah mulai dengan doa Bismillah lindungi hamba ya AllahSWT, tapi belum apa2 harus sudah panggul sepeda berhubung portal samping rumah masih dikunci ( apa ga kayak maling ya gue??), Bismillah mulai gowes lagi, rute Metland Cileungsi ke jalur utama Cileungsi - Jonggol via Harvest City…masih sepi tapi penerangan cukup dan udara sedang sejuk-sejuknya.
Neng Preti dan Amunisi

Sekitar setengah jam sampailah di gerbang Harvest city seberang taman buah Mekarsari, rasanya belum afdhal kalo belum ada bukti otentik gowes dari Cileungsi, maka berposelah neng preti depan Mekarsari jam 5 pagi, masih sedikit gelap sih, cekidot penampakannya.
Neng Preti Di depan Taman buah Mekarsari


Melanjutkan perjalanan, trek masih datar sedikit berbelok belok tapi lumayan padat dengan truk - truk pengangkut batu ternyata kalo pagi. Sampai perumahan Citra Indah, masih segar dan kaki ini masih berjaya dengan tugasnya menggowes pedal neng preti, lanjutlah sampai sedikit pegal (lagak nya), menjelang pertigaan yang ke kanan menuju Jonggol kota dan ke kiri menuju Bandung dengan tugu tegar beriman ditengah2nya,  kaki terasa mulai pegal dan butuh rehat sebentar liat jam sekitar jam 6 pagi, tanpa harus berdebat makan dingin atau makan langsung, maka cokelat beng - beng itu terlahap sempurna dan minum sedikit demi sedikit, ilmu yang diperoleh dari goweser senior katanya saat gowes lebih bagus minum dikit2 daripada minum banyak sekaligus (cmiiw).
Dari Jonggol lanjut gowes trek masih ecek2 lah buat goweser yang bukan professional tapi gak newbie juga ini, masih bisa sambil nyanyi2, masuk wilayah Cariu..masih seger, tetiba di turunan ada 3 orang alay terong terongan mungkin sedang jogging sih dari tampilannya, sempet ngebuntutin juga tuh terong, norak amat pikir gue, dan sialnya waktu itu gue kebelet pipis, dapet spot yang bagus buat pipis, samping jembatan dibawahnya sungai kering, tapi itu terong malah pada nongkrong di jembatan, gue tungguin lama bener malah asyik ketawa2, akhirnya gue putusin sarapan dulu saja disitu, kebetulan ada tempat duduk di tepi sawah kering juga (halodo bray), neng preti gue sandarin di separator bahu jalan, pas lagi asyik sarapan tuh terong2 berlalu, Alhamdulillah kenapa ga dari tadi sih, kan gue ga mesti makan sambil nahan pipis, segeralah menunaikan hajat tersebut dibalik jembatan gak lupa permisi2 dulu, dengan masang tampang paling innocent akhirnya lega juga (gue inget gue mesti dzuhur-ashar di perjalanan jd gue pake aq*ua buat bersuci). Habis itu gue telpon bini gue dech ngabarin klo gue dah sarapan dan so far…gue baik – baik aja, sekitar jam 7 lanjutin misi gue…misi yang terpendam selama 3 tahun, gowes ke Bandung…estimasi waktu dari hasil googling sich 10-15 jam, tapi target gue maksimal 10 jam harus sudah sampai, dan hitung2an jarak dan estimasi waktu yang sudah tertempuh saat ini, masih on target…yups semangat menggowes..


Jalur mulai lebih banyak nanjaknya, pelajaran yang didapet saat gowes dengan mbahnya goweser SPF mainkan shifter dengan adil, semakin cepat irama menggowes semakin terlatih endurance otot kaki, jadi ga selalu trek datar pasang gigi tinggi terus. Sekitar jam 9 sudah masuk wilayah Tanjungsari, yang ada masjid gede sebelah kanan, dulu pernah mampir disitu saat perjalanan dengan istri dari Bandung ke Cileungsi, gue hapal banget sebentar lagi ada tanjakan lumayan panjang dan terasa ban belakang kurang angin, jadi keputusannya harus nambah angin dulu, lama menyusuri tepian kiri kanan jalan gak nemu juga tukang angin yang sesuai keinginan, memang sulit cari tukang tambah angin seperti sulitnya cari jodoh (untung gue udah laku), akhirnya setelah melewati ind*omart terakhir di belokan yang menuju Heaven Memorial Park, ada tukang tambah angin yang dari tampilannya meyakinkan, gue pinggirin neng preti, dan bilang punten…tiba2 gue dikasih mangga 2 biji (apa sich?)…agak lama si amangnya keluar, mau angin kata gue… belakang depan dech sekalian…gowes kemana bang? Puncak? (mungkin tampilan gue kayak abang2 tukang bakso kali ya), ke Bandung jawab gue so cool, yakin??? Balasnya sambil senyum…ehh ni amang rang ajiar,no no no ga boleh diperpanjang, enak aja dia mau melemahkan semangat gue, setelah bayar gue langsung tancap gas eh hantam pedal dengan kekuatan macan meninggalkan tukang tambal ban toko dadah (nama yg aneh disebrangnya ada planet baliwood..entahlah itu planet apa, yang jelas belum masuk ke tata surya) tapi gue tersadar sudah mulai tanjakan yang lumayan jd saatnya menurunkan ego kembali ke realita,perlahan tapi pasti habislah siksaan itu, langsung dapat bonus turunan panjang berkelok dengan view hamparan sawah dan perbukitan yang asri hijaunya, sempat menepi sejenak, memastikan preti berpose disitu.



Lanjut lagi masih turunan yang ada jalanan miringnya terus ada penangkaran rusa juga, dari situ jalanan sedikit menanjak lagi sampai di gapura perbatasan Buitenzorg dan Tjiandjoer yang dipisahkan oleh sungai. Sebagai bukti otentik preti juga harus pose disini, dan langsung gue share di FB, IG dan display picture bbm, (fix…gue memang narsis ). Dan siksaan maha dahsyat bermula disini.......





















Gowes nanjak edan tahap 1 at 09.25 A.M
Baru beberapa meter nanjak sudah tergoda mampir di warung untuk sekedar minum teh manis, karena memang gue belum rehat sejak dari Cariu, si mbaknya lumayan cakep (eh inget dah beristri ) sampai pura2 nanyain jual pulsa padahal udah jelas tidak ada tulisan jual pulsa (modus), eh tapi memang kepengen nelpon istri buat lapor ada mbak cakep ( bukaaaaan ) buat lapor sudah di tanjakan….disitu jajan teh manis panas dan kue gula kacang 2 biji persiapan energi.
Gowes nanjak edan tahap 2 at 09.40 A.M

Awal tanjakan menyesakan dada bikin pengen balik kanan jalan, nemu landai dikit gowes terus pas mau nanjak lagi tenaga dah habis, berhenti dan dorong sampai nemu pohon rindang diputuskan berhenti lagi dan itu mungkin belum ada setengah jam gowes. Recharge energy disini dengan nelpon istri tercinta yang baik banget dengan mengirimi suaminya pulsa, masih terngiang – ngiang saat itu dengan gagahnya  bersumpah akan makan siang dengan karedok di situ Ciburuy (kelak gue akan tersedu saat tau jam berapa melewati situ Ciburuy)…pelajaran ke sekian kalo gowes jangan jumawa, sesumbar, sombong.




Gowes nanjak edan tahap 3 at 10.20 A.M
Durasi kombinasi antara gowes dan tuntun tapi masih banyak gowesnya sih, berhenti di jembatan sebelum mushola Subulus Salam desa Mekarsari (banyak amat mekarsari ya serasa ga kemana2 dari pagi masih di mekarsari saja),lanjut nuntun sampai berasa lelah yang amat sangadh, diputuskan berhenti lagi samping rumah makan Bambu Hijau di atas bukit, gue sih gak mampir makan disitu, tetep ngirit makan bekal saja, tiba2 ada nenek2 minta ongkos (mungkin gue terlihat banyak duit), terus dia nanya di bawah nemu yang hajatan gak? Mungkin dia mau minta makan (ide cemerlang yang patut ditiru).
Gowes nanjak edan tahap 4 at 10.50 A.M
Mulai ada tenaga setelah makan dan karena hapal tanjakan sudah diujungnya, tapi ternyata semakin menjelang puncak pinus, semakin berat siksaan yang diberikan, nanjaknya hampir 270 derajat (ini jelas fiktif) dan disini rekor durasi tuntun paling panjang dalam sejarah pergowesan pun terpecahkan.
Puncak Pinus at 11.30 A.M
Mampir refill aq*ua dan poc*ari sw*eat, yang jual mbak2 bohay tapi lagi khusyu nyari kutu sama tetangga kios sebelah sampai bingung nyarinya pas mu bayar, hhhhmmmh…tanjakan yang cuma 5 km ditempuh dalam waktu 2 jam...amazing
And the party start here…..bonus turunan panjang banget , kecepatan maksimal pun terlampaui sampai bisa nyalip truk, sayang tidak bisa mengabadikan berapa kecepatan maksimal karena aplikasi mapmyride yang sudah diinstall 2 hari sebelumnya dioffkan khawatir kehabisan baterai, sedikit tanjakan tapi tak securam tanjakan edan yang punya empat part itu, dan kesalip lagi sama truk yang tadi, mungkin sopir truknya panas jadi balas nyalip.



Akhirnya sampai Cikalong Kulon 11.58 tak lupa narsis depan pom bensin yang ada plang Bandung masih 66KM lagi…sudah hampir setengah jalan....Alhamdulillah.
Mulai menikmati ritme gowes yang sewajarnya dimana terdapat campuran tanjakan yang sedikit landai berkelok-kelok, kadang nemu bonus turunan, tapi amazingnya bisa menikmati Cianjur dari atas bukit Cikalong Kulon setelah lewat kandang sapi yang baunya bikin mau muntah (heran ada aja warung deket situ, mungkin mereka sudah terbiasa dengan aroma busuk yang menusuk hidung), niat mau berhenti di warung es kelapa diatas bukit pun gagal, karena waktu sudah terlalu siang untuk berhenti.
Mantap menggowes sampai perempatan arah Jangari dan Ciranjang, dua lagi gak ngeh arah mana, ya sutralah, di depan tersisa trek lurus yang membosankan membentang sampai pertigaan Ciranjang masuk ke jalan raya Bandung - Cianjur....huffh lelah meningkat drastis.
Sampai di jalan raya Bandung - Cianjur 13.20 tetap melaju dengan kecepatan sedang, mengingat trek memang begitu begitu saja, hanya tidak terlalu lurus, dan harus siap bersaing dengan angkot, mobil pribadi maupun bus - bus gede jurusan Bandung - Cianjur - Sukabumi. Gak lama sampai juga di Pit stop yang direncanakan yaitu masjid Ciranjang, sholat dzuhur dan ashar dijamak qhasar karena kata ustadz, AllahSWT suka jika kita mengambil kemudahan yang telah dia berikan. Dan di masjid itu berjumpa dengan dua orang bapak2 goweser yang sudah tak lagi muda, cukup berumur sekitar 50 tahunan, beliau menyebutkan dirinya pa haji, entahlah nama aslinya siapa, setelah sholat beliau bercerita panjang kali lebar kali tinggi, tentang pengalaman gowesnya, cukup takjub juga ketika gue bilang dari Cileungsi mau ke Bandung, sendirian...wanian (berani amat) komentarnya, terus dia bercerita ada temannya yang nekad gowes dari Bandung - Pangandaran selama 4 hari...wah jadi tertantang dan ciut lagi nyali yang tadi sudah membumbung ke awang-awang...ternyata gue belum seberapanya teman pak haji yang gowes ke Pangandaran itu, singkat cerita karena cacing di perut sudah berdemo minta nasi timbel, gue ngasih tanda kalo gue sudah empet denger cerita pa haji hehe (baca: pamitan), lalu beliau memberi rekomendasi tempat makan enak dan tentunya murah (itu prinsip) katanya ada di sebrang pom bensin sekitar 300 meter dari situ, gue ga terlalu nyimak sih karena pikiran gue lebih fokus ke bagaimana caranya lari dari kenyataan menghadapi dua bapak2 yang doyan cerita kesono kemari itu ( maafkan hamba pa haji)..so long pa haji...mudah2an kita tidak berjumpa lagi...(lho :))
Beranjak menuju tempat makan sekitar 14.15, sempat nyari juga tempat makan yang direkomendasikan pak haji, tapi tampak kurang meyakinkan , jadi urung mampir terus melaju mengayuh pedal dengan sisa2 tenaga yang ada, akhirnya setelah sedikit terlewat, mata tertuju dan jatuh hati pada warung nasi BERKAH yang catnya warna ijo tua, keliatan dari luar banyak lalapannya dan ada sepasang suami istri juga anaknya sedang makan dengan lahap, parkirin sepeda lalu pesen makanan dan ternyata ada pisang yang begitu kuning dan cantik kalo kata bini gue mah, gue potekin satu biji pisang, cemuil cemuil glek ini pisang terenak seumur hidup gue...nasi pun terhidangkan, dengan ekstra sambel dan lalapan terpisah serta teh tawar panas, mantap...
Beres makan telponan istri tercinta lagi, sebenarnya niat telpon di masjid Ciranjang tadi,tapi karena bapak haji itu ceritanya gak abis2 jadi mana sempat! lalu istri komentar masih jauh donk, ketika gue bilang baru nyampe Ciranjang, jam berapa kira2 sampai Bandung??dia bertanya lagi, hmmm....otak gue mungkin lagi sedikit hang dan keakuratan pikiran pun menurun drastis, jadi gue bilang maksimal maghrib udah sampai seperti permintaan istri kesayangan karena cuma satu2nya itu, berhubung ada undangan kerabat juga yang harus dihadiri sekitar jam 7 malamnya. Dan kenyataannya gue molor 2 jam setengah...maaf ya neng geulis.
Gue sudahi percakapan dengan istri dan mulai mengayuh lagi si neng preti, mantap treknya panjang dan lama seperti choki choki ( yang mengerti ketahuan mudanya tahun berapa). Dari hasil googling dan pengalaman touring mingguan gue dengan neng velop (ini motor), trek Ciranjang - Cipatat yang ada pertigaan ke waduk Saguling itu cuma trek datar dan lurus lalu sedikit nanjak terus ini akan sangat lama, gue gowes sekuat tenaga inget janji gue sama istri harus sampai Bandung maksimal jam 6 sore, waktu sudah menunjukan pukul 15.00 pas gue sampai di gerbang marhamah perbatasan Cianjur - Bandung Barat yang terpisah oleh jembatan panjang alias sasak Rajamandala, sebenernya ini spot keren untuk berpoto dan di kiri-kanan jalan sebelum jembatan itu berjejer  penjual es cingcau hijau Rajamandala dengan konsep lesehan yang terkenal seger itu, karena waktu apalah daya gak sempat mampir pun, hanya sebatas mengabadikan pose neng preti pada plang selamat datang di kabupaten Bandung Barat, cukuplah buat dikenang di satu malam hari nanti 25 tahun lagi.
 
Di balik pohon itu ada tugu selamat datang di kabupaten Bandung Barat



Lanjut lagi menggowes, trek mulai sedikit menanjak, disini pertentangan hati dimulai, antara idealisme dan logika, antara meneruskan gowes sampai Bandung atau terngiang ngiangnya perkataan istri kalo bisa maghrib sudah sampai rumah, jam 15.20 sampai di pertigaan arah ke waduk Saguling, memutuskan untuk berhenti dulu di samping pos polisi, sempat kepikiran nanti kalau ada bus lewat dan kebetulan berhenti disitu, nego dech sama keneknya buat evakuasi neng preti sampai Leuwi Panjang....10 menit berlalu belum satupun bus yang lewat dan mulai gerimis...Ya Allah ujiannya makin berat, rasa malas mengharu biru, syaithon-syaithon membisikan udah naik bis aja, tapi sisi kelelakian gue berkata, kalo sekarang naik bis, tanggung amat udah sejauh ini, dan kalo sekarang lanjut naik bis, itu artinya gue harus ngulang lagi someday buat gowes Cileungsi - Bandung, mendadak semangat menggelora kembali....(gowes lagi Cileungsi - Bandung sendirian??? Ogaaaaaaah).
Sesi galau pun lewat dan pemenangnya adalah idealisme dari efek keengganan yang teramat sangat besar buat mengulang gowes dengan rute yang sama, di sela sela gerimis perlahan pedal pun mulai pada takdirnya kembali untuk digowes. Cek persediaan air habis ,mampir sebentar di alfama*rt untuk refill minum, karena setelah ini trek tanjakan Cipatat akan dimulai...baru beberapa meter tetiba byuuur hujan turun dengan derasnya, neduh dulu di bawah pohon rindang paling ujung diantara deretan warung es kelapa muda, di belakang gue berjajar para biker yang ikut neduh juga, ada sepasang suami istri yang berteduh dan akhirnya setelah diskusi kilat, sang suami merelakan istrinya naik angkot dengan tatapan nanar dia merelakan istrinya pergi dibawa supir angkot eh naik angkot, detik berikutnya dia kejar sambil joget india diantara hujan dan pohon, sayangnya tidak ada tiang. (ini hanya terjadi dalam dunia khayal gue). Pada dunia nyata yang fana ini, gue mulai bebenah pake jas hujan plastik warna merah menyala, sengaja milih warna merah biar ga terlalu mirip orang2an sawah, Bismillah lanjut gowes tanpa musik karena hp, dompet dan barang2 berharga (pisang berharga ga?) sudah masuk kantung kresek kemudian masuk tas pinggang.
Jika masa lalu meninggalkan kenangan, maka yang tersisa dari hujan adalah genangan dan becekan jalan yang meninggalkan noda2 naudzubillah di sepatu sampai betis...tapi seperti pesan iklan sebuah merk detergen, berani kotor itu baik, sebagai lelaki yang luar biasa jiwa baiknya, kali ini gue sepaham dengan tagline iklan tersebut. Nanjaknya kok ga abis2 ya, menepi sebentar di pinggir jalan yg berkelok2 , di bawahnya terlihat menara masjid yang pintu masuknya terlewat tadi, angin sepoy2 sedikit menyejukan badan yang mulai berpeluh, saat itu lewat di samping gue bus doa ibu dengan sombongnya....(hmmm kelak bis ini akan kesalip)
Pada etape ini kombinasi dorong, tuntun, seret, gusur, gowesnya dikit aja, jalanan Cipatat tiba2 mirip dan seperti fatamorgana, beberapa kali berasa di php-in jalan, seolah sudah sampai ujung tanjakan padahal masih jauh. Lirik jam sudah 17.30 sampai di depan bangunan tinggi diantara tebing bebatuan yang sedikit mulai berkurang tingkat ketebingannya, karena batunya dikeruk oleh manusia, tapi gue seneng karena ini adalah tanda akhir dari tanjakan, lalu lintas mulai merayap bahkan sampai berhenti total, tetiba jadi semangat lagi berasa paling beruntung bersepeda karena bisa tetap melaju walau dipinggir jalan yang becek, kepuasan tak terhingga saat berhasil nyalip bus doa ibu tadi.
Sampai ujung tanjakan dan jalan mulai menurun, kondisi masih macet, gue tambah ngebut dan makin semangat, sebentar lagi sampai Ciburuy...situ yang sejatinya menjadi tempat makan siang dengan karedok yg terkenal enak menurut mamah mertua mah, kenyataan sampai sini sudah menjelang maghrib (nangis bombay). Ada yang lucu ketika gue melewati angkot yang lewat bahu jalan yang akhirnya terhenti juga karena di depannya ada motor yang parkir, terus gue lewatin tuh angkot sambil manggul sepeda...trs ada bapak nyeletuk ke sopir angkot...angkotna rek digotong oge??? (angkotnya mau dipanggul juga???) ( haha ...bahagia itu sederhana).
Sampai Padalarang hujan kembali menderas, adzan maghrib sudah berkumandang, di Cimareme berhenti untuk reffil air minum di warung pinggir jalan.
Gue                             : “ mang meser aq*ua nu 600 ml
Amang                        : “ botol sedeng? Mangga” sambil dia nyodorin sebotol air berlabel biru
Gue                               : “ sabaraha mang?
Amang                        : “ tilu rebu a”.
Aneh juga ketika dia bilang harganya 3000, wah seperti di minimarket saja, dan ternyata gue kecewa karena yg dia bilang aq*ua adalah air mineral botol merk ar*ia yang rasanya ada sepet sepetnya gitu, mungkin aq*ua kw sekian... sudahlah, disini gue juga nelpon istri bilang maaf baru sampai Cimareme, dengan berat hati gue ijinin istri pergi kondangan tanpa gue karena gue gak mungkin bisa sampai dalam 1 jam ke Santosa Asih.
Jalur Cimareme - Cimahi sedikit gelap di beberapa titik, harus ekstra waspada diantara seliweran motor dan angkot yang kadang berhenti mendadak di kiri, apalagi gowes malam tanpa lampu dalam kondisi hujan pula, lengkap deh, memang tidak berencana masih gowes di hari yang sudah gelap ini, next harus lebih dipersiapkan matang lagi dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi.
Semakin kota arus lalu lintas semakin padat, jam dimana orang mulai beranjak untuk menghabiskan malam minggu bersama pasangan masing masing, rencananya dari Cimahi akan mengambil rute Gunung Batu - Pasteur dengan pertimbangan akan banyak moment yang bisa diabadikan, pose neng preti di fly over Pasupati misalnya, atau bergaya depan Gedung Sate yang Bandung banget itu, tapi karena level kelelahan sudah hampir sampai puncaknya maka diputuskan lewat fly over Cimindi saja. Sekitar jam 18.50 memasuki daerah Cibeureum, yang merupakan gerbang masuk kota Bandung dari arah Cimahi, dari jauh pun sudah terlihat tulisan WELCOME TO BANDUNG dan ini satu - satunya landmark yang bisa diabadikan, diantara gerimis dan jalan yang masih basah, gue standarin neng preti persis di sebrangya dan jepret...hasilnya seperti ini.....

Tak lupa ganti display picture bbm dengan poto ini, sekalian mengabari istri yang ternyata sudah bbm duluan bilang otw kondangan.

Etape terakhir...Cibeureum - Cibiru (nyaris)...memang buat ganti warna ci (air:sunda) dari beureum (merah: sunda) ke biru (biru:sunda..lah ini sama aja) itu susah dan jauhnya minta ampun.
Stopan 1 cibeureum
Tidak terlalu ramai hanya belum ada timer sehingga gak tau pasti menunggu berapa detik, ga sampai 1 menit sih
Stopan 2 pasir koja
Kira-kira 100 meter sebelum stopan antrian sudah mengular, dan disinilah keberuntungan goweser, bisa angkat sepeda ke trotoar, tuntun sampai stopan dan nyebrang di zebra cross jalan terusan pasir koja..hati senang gowes pun ringan.
Stopan 3 Pasar Caringin/babakan ciparay
Disini gue ga brenti padahal lampu merah menyala kala itu, ngintil dibelakang motor sodara - sodara....gak patut ditiru, bener2 gak safety.
Stopan 4 Kopo
Ini paling parah...antrian ular eh mobil+motor+bus+angkot+truk dll paling panjang, trotoar gak bisa dilewatin karena dipake orang jualan, terpaksalah ikut antri, pas didepan ada goweser juga kelihatannya dia pulang kerja, disini sempet makan roti tawar yang masih tersisa.
Stopan 5 Cibaduyut
Idem stopan 2
Stopan 6 Inhoftank
Bablas teruss
Stopan 7 Moh Toha
Lelah dan bosan dengan stopan....dari jarak 50 meter stopan masih ijo, klo naik motor pasti langsung tancap gas, nah ini sepeda, mau geber juga kaki sudah lelah tiada tara, pasrah saja, hasilnya begitu mau lewat pas lampunya berubah jadi merah...memang merubah hijau ke merah itu cuma hitungan detik, nah kenapa beureum (merah) ke biru lama banget.
Stopan 8 Batu nunggal
Disini gimana ya? Yang keinget sudah amat sangat bosan dengan trek yang lurus dan padet dengan kendaraan.
Stopan 9 Buah batu...( ya ampun belum nyampe juga padahal sudah 1 jam lebih)
idem stopan 7 tapi sebenarnya kondisi mirip stopan 2 ada zebra cross tapi gak tau kenapa hasrat nuntun sepeda sudah hilang, jd selama 2 menit cengo aja nunggu ijo, bener kata orang2 kalo bubat stopan terlama di Bandung.
Stopan 10 Kiara condong
Ini stopan terakhir...mi apah? Sudah jam 8 lewat, kalo disini berlaku selayaknya pesepeda, melaju sampai sampai antrian terdepan, naik trotoar dan nyebrang pake zebra cross, tinggal beberapa kilo saja sampai rumah, lewat gedung tempat nikah dulu serasa memori indah itu menjejali ruang khayal, terbayang besoknya perjalanan ke pangandaran berdua, terus naik becak hujan2an, check in di hotel tanpa rasa bersalah, lalu mandi (berdua), makan malem (berdua) di rooftop-nya hotel Sun In Pangandaran, dan....taraaaa sensor sensor, oi ...oi udah nyampe sebrang Metro Indah Mall, harus menyebrang nih, menepi dulu sejenak buat nelpon istri, mastiin posisi dia masih di gedung apa sudah balik ke rumah, dan rupanya masih di gedung tempat kondangan, ya sutralah terbayang nyampe rumah gak ada yang nyambut...
Bingung juga nyebrang bawa sepeda di jalan 4 lajur yang lurus mulus, karena rata2 orang pada ngebut memacu kendaraannya, ada sih jembatan penyebrangan tapi busyet...tangganya ga didesign buat manggul sepeda kayaknya, nunggu agak lengang saja, akhirnya berhasil nyebrang juga ditemani ibu2 dan anak sekolah yang ikutan nyebrang bareng. ( i’am a Hero)
Masuk jalan Venus Raya samping KFC Metro yang belakangnya mau dibangun apartemen Metro penthouse, ini masih agak lumayan jauh juga ukuran gowes mah, enjoy aja...masa dari Cileungsi semangat 45, ini sudah mu nyampe malah melempem, inci demi inci jalan pun terlewati dengan sabar sehingga pegal2 kaki pun seolah sirna bersama angin malam bercampur gerimis (halah), memang bersepeda itu nikmatnya kita bisa melewati satu area dengan cara slow motion, klo kebetulan spotnya keren...feelnya dapet banget, setiap keindahannya terangkum penuh dan mengganti rongga2 memori diotak yang sebelumnya stres karena utang atau malah mesum melulu dengan rekaman rasa dan aroma surgawi disetiap kayuhan...Masya Allah Alhamdulillah
20.32 Sampai pintu gerbang, gue buka...sepi tak nampak ada kehidupan, jepretan kondisi terakhir neng preti


This is my journey...and will always be my epic journey ever...thx preti, thx my wife atas restunya.

                                                                                                                         - THE END -





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Story About Lembang

Gowes Curug Cigentis with CVC