Gowes Curug Cigentis with CVC


Sebulan lebih gue menikah, rasanya masih seneng-senengnya ketemu istri yang hanya tiap weekend aja, jadi weekend adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu dan pasti pulang ke Bandung mau hujan atau badai sekalipun. Bulan Februari ini gue lihat kalender ada tanggal merah, tanggal 19 Feb hari Kamis, yes...cocok buat malem jumatan nih....eiits tapi CVC mau ada event mayan besar, arrrgh jadi dilema...ohya apa itu CVC?? CVC  ( Cycling  Victory Community) adalah grup gowes di tempat kerja, dari terbentuk sejak 9 November 2014, gue belum pernah ikut gabung gowes rutin mingguan karena selalu bentrok dengan jadwal pulang, ngurusin persiapan nikah lah, urusan kerjaan yang memang puncak sibuk2nya juga, sampai nikah udah, kerjaan beres masih belum ikut gowes bareng juga...goweser macam apa gue?fix gue harus ikut event ini, treknya juga menantang, ke curug (air terjun) Cigentis Karawang bro!!! gue googling tempatnya pecah beud, ini bisa jadi satu pengalaman pertama gue gowes ke curug.
Dari mbah google gue juga dapat informasi,curug Cigentis terletak di desa Mekarbuana kecamatan Tegalwaru kab Karawang sekitar 49 km dari Cileungsi via Jonggol - Cariu, curug setinggi 25m ini ada pada ketinggian -/+ 1000 mdpl, merupakan salah satu dari 7 tingkatan curug yang ada di gunung Loji di bawah kaki gunung Sanggabuana. Curug ini termasuk wilayah pengelolaan hutan RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta ( apa?? Purwakarta kan kampung gue).

Kamis 19 Februari 2015 at 6 AM

Gue telat bangun, alhasil persiapan seperlunya mandi terus nyarap energ*n, terus nyamper tetangga kostan yang ternyata telat bangun juga, sekitar 6.30 berangkatlah kita menuju tempat berkumpul, ga terlalu jauh sih, gowes 5 menit juga dah nyampe dan yang lain sudah hampir kumpul semua. Langsung markirin sepeda di antara panitia yang sedang sibuk loading sepeda ke truk, sementara gue sama temen kostan gue ga kalah sibuk minta jatah sarapan nasi uduk. Sekitar jam 6.45 ada briefing dari sesepuh dilanjut doa bersama dan ga lupa...poto poto, begini suasananya. 
formasi lengkap...saat juragan jengkol masih lengket sama mandor...cie..cie

Briefing dan doa bersama sebelum berangkat


Jam 7 kita berangkat menuju curug Cigentis,kita ada 20 orang, satu truk untuk muat sepeda dan beberapa orang yang jagain sepeda, dan 2 mobil untuk para goweser lainnya. Perjalanan cukup lancar, mata ngantuk ini banyak mendapat penyegaran dengan hamparan hijau sawah yang dibaliknya ada gunung gunung menjulang. Sampai perempatan Cariu kita ambil arah ke kiri, jalanan masih mulus cuma sedikit menyempit. Sekitar jam 9 kita sampai di pasar Loji, cari parkiran sedikit susah karena sempitnya jalan,mobil yang ditumpangi goweser dapet parkir dekat SD Cintalaksana 1, tapi truk yang muat sepeda gak muat untuk parkir disitu, sempat jalan lumayan jauh untuk nyusul ke parkiran truk sampai akhirnya kita dapat parkiran yang pas. Begini penampakannya.




Setelah pasang ban, cek ricek sepeda, fit... Kita mulai start gowes menuju curug Cigentis, semangat pagi yang masih membara ditambah sejuknya udara disini membuat perjalanan tidak terasa capeknya, dari google map jarak dari posisi start ke curug Cigentis sekitar 8 km, banyak yang kami lewati dan cukup terkelola dengan baik ternyata daerah ini, semacam kampung wisata gitu, ada waterboom, resort, restaurant dll. Setelah melewati kebun duren jalan mulai menanjak, buat gue sih tanjakan sudah santapan sehari hari, tapi ketika sampai di tanjakan yang menikung itu...sumpah gue nyerah...gue kalah...gue gotun (tertunduk malu), tanjakan ini motor aja ngeden apalagi gowes, hufhhh menepi di tengah tikungan yang masih aja nanjak sambil lihat yang lain, ternyata sesepuh pun gotun juga...wkwkwkwk, beberapa poto yang sempat diabadikan....

sesepuh aja gotun





Setelah puas poto2 dan ngetawain goweser yang gotun kita lanjut sedikit sampai di parkiran motor, rehat sejenak disitu sambil nunggu yang lain, di warung kiki ini sedia gorengan, cemilan, minuman untuk persiapan tenaga, karena tanjakannya ternyata ga sampai disini meskipun jalan cor coran berakhir disini, waktu sudah menunjukan jam 11 siang dan matahari sudah hampir diubun2.
carape jang??? meni watir


Setengah jam mengisi energi di warung kiki, lanjut lagi dengan trek jalan tanah berbatu, emang dasar kita hobbynya poto2 jadi setiap nemu spot keren pasti berhenti, contohnya ini...padahal belum jauh dari warung kiki.
gotun terus nih ye...mak ngirinya aku sama yang belakang bang samin

 
Dan letak kerennya sebelah mana ya untuk poto ini?...ckckckckc



Treknya ternyata gak lama cuma sedikit licin aja pas nemu tanah yang basah, sekitar 20 menit kita sudah sampai di satu tempat…..ini bentuknya lebih ke warung makan sih menurut gue, namanya abah aman, konon ini parkir terakhir, kita juga memutuskan untuk makan disitu pulang dari curug, kita pesen beberapa makanan berat untuk disiapkan , agar pas pulang makanan sudah siap saji.


Dari parkir terakhir kita tetep bawa sepeda jadi apa fungsi parkir terakhir itu? Entahlah, sepeda kan selalu dapat pengecualian, akhirnya kita sampai di pintu masuk curug cigentis pas tengah hari, HTM  10rb per orang, urusan panitialah itu, gue? Sibuk poto2 tentunya, dari pintu masuk masih 250m lagi ke curugnya, kita tetep masuk bawa sepeda, treknya gmn? Macem macem, tapi yang paling ekstrim sih pas ditangga tangga, kita jadi pada manggul sepeda, ada sebagian yang parkir sepeda dibawah sih.


eike malu setengah mampus

Sumpah ya...curug ini airnya adem banget...ga kalah adem sama curug Cijalu perbatasan Purwakarta- Subang yang gue kunjungin jaman SMA, bikin lupa kalo udah beristri, teriak teriak seperti kesetanan, sampai berdiri dibawah air terjun setinggi 25 m itu....brrrrr lega fresh banget , kita banyak photo session disitu dengan berbagai gaya, manggul sepeda, photo full team, sampai poto bareng pengunjung lain, sekitar sejam setengah kita habiskan waktu di curug, setelah puas baru turun ke mushola, untuk ganti baju dan sholat.
eh ada yang bening....(air bening maksudnya)




perutnya kontrol gus



Dari mushola sekitar jam 13.30, kita balik lagi ke warung abah aman yang selalu aman terkendali, terutama untuk makanan pemuas keroncongan perut perut kosong kami, gue makan seolah baru nemu nasi setelah setahun berkelana.


Jam 2an kita mulai bergegas meninggalkan warung abah aman, para pelahap turunan seperti juragan jengkol sangatlah berjaya disini, biarlah dia dapet kesenangannya, gue tetap gowes dengan safety.
Karena trek pulang memang cuma turunan, jadi cuma sekitar setengah jam kita sudah  sampai di parkiran truk dan siap2 loading sepeda lagi, kita photo session lagi full team, eh ternyata kurang 3 orang ya, usut punya usut sesepuh goweser memilih pulang dengan gowes sampai Cileungsi...saluuuut
14.45 waktunya kita pulang...thx Cigentis, thx CVC , hari ini dapet lagi cerita awesome buat cucu gue nanti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GOWES SANTAI SAMBIL BOTRAM CILEUNGSI - BANDUNG VIA JONGGOL

My Story About Lembang